Sabtu, 18 Desember 2010

INTERVIEWING SKILLS

Interviewing Skills

Summary:emma90
Dalam melakukan sebuah wawancara, tentunya seorang HRD atau mungkin psikolog perlu mempersiapkan beberapa macam hal.Dalam wawancara pun ada beberapa hal yang akan dilakukan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan menganalisa wawancara. dalam mempersiapkan wawancara, seorang pewawancara haruslah menentukan tujuan, memutuskan persyaratan kerja, menentukan cara merekrut, membuat sistem pemrosesan, menilai curiculum vitae, mempertimbangkan lamaran, memilih peserta wawancara, mengatur wawancara, menentukan tempat wawancara, menentukan strategi, menyiapkan pertanyaan, mengasah keterampilan mendengarkan, dan menyiapkan diri.

Sedangkan dalam pelaksanaan wawancara, seorang pewawancara harus mampu atau berkompeten dengan memulai wawancara, mengevaluasi pelamar, mengendalikan wawancara, membaca bahasa tubuh, menggunakan tes, dan mengakhiri wawancara. Jangan sampai seorang pelamar kerja lebih lihai dari pada pewawancara.

Dalam menganalisa hasil wawancara, ada beberapa hal yang dapat membantu, yaitu mencatat kesan, membuat daftar, mengadakan wawancara lanjutan, mencocokkan pelamar dengan pekerjaan, penawaran akhir, dan menangani pelamar yang ditolak.


Interviewing Skills Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2088200-interviewing-skills/

Template by : kendhin x-template.blogspot.com