Sabtu, 18 Desember 2010

SIGMUND FREUD-PSIKOANALISIS KLASIK

Teori PSIKOANALISIS KLASIK SIGMUND FREUD

Summary:emma90
Mekasnisme pertahanan (defense mekanism), pada ego membantu dapat dilaksanakannya fungsi penolakan, sekaligus melindungi individu dari kecemasan yang berlebihan. Mekanisme pertahanan adalah Dalam dinamika kepribadian, teori ini menjelaskan bagaimana jenis-jenis insting, energi psikis dalam insting, mekanisme pertahanan (defense mechanism), kecemasan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan keabnormalitasan kejiwaan. Freud membagi insting menjadi dua , yaitu insting hidup dan insting mati. Insting hidup merupakan dorongan yang menjamin survival dan reproduksi, seperti lapar, haus, dan seks. Sedangkan insting mati meerupakan dorongan yang bekerja secara sembunyi-sembunyi. Dorangan agresif yang mendorong orang untuk merusak diri sendiri, dan penyaluran agresi seseorang agar tidak membunuh dirinya sendiristrategi yang dipakai individu untuk bertahan melawan ekspresi id serta menentang tekanan super ego. Ego akan mereaksi dengan dua cara, yaitu:

1. Membentengi impuls sehingga tidak dapat muncul menjadi tingkah laku sadar

2. Membelokkan impuls itu sehingga intensitas aslinya dapat dilemahkan atau diubah

Selain itu, ciri-ciri mekanisme perlahan, yaitu:

1. Mekanisme pertahanan itu beroperasi pada tingkat tak sadar

2. mekanisme pertahanan selalu menolak, memalsu, atau memutarbalikkan kenyataan

3. Mekanisme pertahanan itu mengubah persepsi nyata seseorang, sehingga kecemasan menjadi kurang mengancam.

Adapun mekanisme pertahanan yang biasa dilakukan adalah identifikasi, represi, fiksasi dan agresi, dan sebagainya. Selain itu, kecemasan adalah fungsi ego untuk memperingatkan individu tentang kemungkinan datangnya suatu bahaya sehingga disiapkan reaksi adaptif yang sesuai. Kecemasan akan timbul manakala orang tidak siap menghadapi ancaman. Freud mengemukakan ada tiga jenis kecemasan, yaitu realistic anxiety, neurotic anxiety, dan moral anxiety.



Teori PSIKOANALISIS KLASIK SIGMUND FREUD Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2013100-teori-psikoanalisis-klasik-sigmund-freud/

Template by : kendhin x-template.blogspot.com