Jumat, 04 Desember 2009

Aliran Fungsionalisme

Yuks saya nggak usah banyak cuap-cuap, langsung aja deh ke TKP. Semua tentang Fungsionalisme dah ada di sini...
Pada dasarnya, kalau kita dah belajar Fungsionalis, yang paling sering mncul pasti William James, James Rowland, Angell, John Dewey. Selain itu, aliran ini selalu ngomongin seluruh kegiatan manusia atau bisa dikatakan proses mental suatu individu. Mereka mengamati segala sesuatu yang bisa diindrakan.
Dalam Fungsionalisme kita juga bakal ngenal sama yang namanya Cattel, yang mana beliau adalah salah satu ahli dalam Psikologi yang menemukan alat ukur Psikologi.
Dalam Fungsionalisme, kalau kata dosen saya waktu ngejelasin, beliau bilang "pada intinya di Fungsionalisme itu bilang kenapa kita gak ikut secara satu kesatuan yang utuh dan dinamis aja." Soalnya, Fungsionalis juga merupakan dasar dari aliran Behaviorisme. Dari statemen para ahli yang saya dengar dari dosen saya, sudah dapat kita mengerti aliran ini muncul karena banyak aliran-aliran psikologi seperti Strukturalis, Asosiasi hanya melihat jiwa secara bagian perbagian saja.
Adapun ciri-ciri aliran Fungsionalis adalah sbb:

  • lebih menekankan pada fungsi mental daripada elemen-elemen
  • fungsi psikologis adalah adaptasi terhadap lingkungan sebagaimana adaptasi biologis Darwin. Kemampuan individu untuk berubah sesuai tuntutan dalam hubungannya dengan lingkungan adalah sesuatu yang terpenting
  • Fungsionalisme juga sangat memandang penting aspek terapan atau fungsi dari Psikologi itu sendiri bagi berbagai bidang dan kelompok manusia
  • Aktivitas mental tidak dapat dipisahkan dari aktivitas fisik, maka stimulus dan respon adalah suatu kesatuan
Selain ciri-ciri dari Fungsionalisme di atas, William James juga mengemukakan pendapatnya tentang Fungsionalisme, yaitu:
  • Fungsionalis mempelajari fungsi atau tujuan akhir aktivitas manusia
  • semua gejala psikis berpangkal pada pertanyaan dasar yaitu apakah gunanya aktivitas itu
  • Jiwa seseorang diperlukan untuk melangsungkan kehidupan dan berfungsi untuk menyesuaikan diri lebih menekankan apa tujuan akhir dari aktivitas tersebut.
Jadi demikianlah postingan saya tentang aliran Fungsionalisme. Mohon maaf kalau ada kesalahan baik yang gedhe maupun yang kecil. Salah ejaan atau salah bahasa, kesempurnaan hanya milik Allah, dan kekurangan seutuhnya milik saya. See you in next Post...

Template by : kendhin x-template.blogspot.com